Home / BERITA / Tingkatkan Layanan Informasi, Pemkab Ngawi Luncurkan PING

Tingkatkan Layanan Informasi, Pemkab Ngawi Luncurkan PING

Pemerintah Kabupaten Ngawi, terus meningkatkan komitmennya menuju Ngawi Smart City, salah satunya dengan membangun aplikasi layanan informasi yang mudah diakses, cepat dan nyaman bagi masyarakat melalui Portal Informasi Ngawi atau PING berbasis android. Aplikasi PING diluncurkan bertepatan dengan peringatanHari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 110, Senin (22/5) lalu, di halaman Pendopo Wedya Graha, secara resmi oleh Bupati Ngawi, Ir. Budi Sulistyono.

Bupati Ngawi mengatakan aplikasi PING ini sangat bermanfaat, karena berisikan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat Ngawi, seperti layanan kependudukan, perizinan bagi pengusaha yang bisa dilakukan secara online. Disamping itu juga layanan kesehatan di rumah sakit juga tinggal klik  dapat diketahui rumah sakit mana saja yang kamarnya kosong,. Bahkan harga kebutuhan pokok pun bisa dilihat, “Kalau ada yang mau singgah di Ngawi, informasi hotel pun bisa kelihatan, hotelnya di mana yang bisa diinapi,” beber Budi Sulistyono.

Menurutnya, informasi yang tersedia harus terbuka serta tersedia sesuai dengan kebutuhan masyarakat, , “Dengan begitu kita lebih bisa mendekatkan pelayanan itu sendiri. Dan yang paling utama pelayanan itu tidak lagi dikeluhkan, kalau semua sudah di online kan,” ujar Bupati. “Dengan adanya aplikasi ini, semoga bisa semakin memberikan percepatan inovasi untuk Kabupaten Ngawi dan terus berkreasi memunculkan aplikasi  lainnya untuk menunjang pelayanan bagi masyarakat,” harapnya.

Aplikasi yang dibangun Dinas Komunikasi dan Informatika ini bisa diunduh melalui Google Play Store di smart phone android. Terdapat 2 menu utama dalam aplikasi ini, yakni menu General dan E Gov. Disitu bisa dilihat berbagai icon menu diantaranya e – Tolong, Pengaduan, Ngawiku, Kependudukan, Pendidikan, Kesehatan, Kesra, Perizinan, Pertanian, Ekonomi, Visit Ngawi, Info Dokumen, Digilib, Ramah Anak, dan Digital Media, Sedangkan di Menu E Gov, kita bisa melihat ada beberapa fitur informasi seperti, Dashboard, E-Controlling, E-Budgeting, E-Planning, dan LPSE. Dalam perkembangannya, aplikasi ini akan mengalami beberapa penyempurnaan, termasuk fitur streaming Radio, engine builder serta menu yang lebih banyak dan informatif.

Terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi, Ir. Prasetyo Harri Adi menyampaikan bahwa aplikasi ini dibuat untuk mempermudah masyarakat Ngawi mengakses seluruh informasi yang dibutuhkan, termasuk informasi 3 rumah sakit yang ada di Ngawi, yakni RSUD dr. Soeroto, RS Widodo, RSI At-tin Husada serta 24 UPT Puskesmas se Kabupaten Ngawi. Juga, tersedia informasi harga sembako, perizinan dan NIK (Nomor Induk Kependudukan).

“Saat ini dengan kemajuan teknologi kita berharap bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat terutama informasi yang terintegrasi dalam satu wadah. Adanya PING diharapkan mampu memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, termasuk kuliner dan wisata. Kami pun  berharap melalui media digital, mampu meningkatkan pendapatan, misalnya dengan transaksi jual beli online barangkali,” katanya.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media, terlebih lagi harus bisa mengambil keutungannya jangan sampai rugi, manfaatkan untuk meningkatkan penghasilan, “Jangan terpengaruh dengan berita hoax yang saat ini juga marak,” pungkasnya. (kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Bupati Sambang Desa, Minta Angkat Potensi Wisata

Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono mengadakan kunjungan ke Desa Danguk Kecamatan ...