Home / BERITA / 5 Ribu Anak Meriahkan Gebyar Paud Ngawi 2018

5 Ribu Anak Meriahkan Gebyar Paud Ngawi 2018

Pendidikan usia dini merupakan masa emas yang menjadi dasar bagi tumbuh kembang seseorang di masa dewasa. Anak yang pada masa usia dininya mendapat rangsangan yang cukup dalam mengembangkan kedua belah otaknya akan memperoleh kesiapan yang menyeluruh untuk belajar sukses pada saat memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Dan, untuk mengasah mental, kemampuan dan sebagai ajang bersosialisasi anak usia dini, Pemerintah Kabupaten Ngawi (Pemkab) melalui Dinas Pedidikan gelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) se Kabupaten Ngawi, Sabtu (24/03) di Alun – Alun Merdeka Ngawi. Acara ini begitu meriah karena diikuti 5 ribu anak PAUD dari 19 Kecamatan di Kabupaten Ngawi “Ada 5.150 anak yang terlibat dalam acara ini, termasuk 840 anak untuk Karnival,” terang Istamar Kepala Bidang PAUDNI Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi.

Acara yang diawali penampilan Drumband dari TK Kartika 12 Yon Armed dan TK Bhayangkara Ngawi ini mengusung tema PAUD berkualitas di Era Milenia. Hadir dalam acara ini Bupati Ngawi, Ir. Budi Sulistyono Bunda PAUD Ngawi, Antiek Budi Sulistyono, Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi, Mokh. Sodiq Triwidiyanto, Forminda Ngawi, Camat se Kabupaten Ngawi, Anggota Himpaudi dan IGTKI Kabupaten Ngawi dan ribuan peserta didik PAUD se Kabupaten Ngawi. Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Ngawi beserta Bunda PAUD dengan pelepasan puluhan balon aneka warna ke udara, diikuti bunyi sirine sekaligus pencanangan Ngawi Membaca

Dalam sambutannya Bupati Ngawi, menyampaikan bahwa anak – anak harus mendapatkan segalanya yang terbaik, termasuk sentuhan kasih sayang yang penuh dari kedua orang tua, agar kelak anak memiliki hati dan karakter yang sempurna.  “Termasuk yang didengar dan dilihat anak harus semuanya baik. Sebab, ilmu itu juga masuk melalui mata dan telinga,” kata Bupati sembari ingatkan orang tua yang harus selalu memberikan  kasih sayang kepada anak- anaknya karena itu juga sangat penting dan dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, lanjut Kanang bijak.

Pun, ketika menonton tayangan televisi, anak harus didampingi, dan dibatasi, apalagi tayangan yang bukan untuk usia mereka, “Jangan biarkan anak main game terus – menerus,” larang Bupati. Dan, yang paling penting lagi, berikan makanan bergizi agar anak tumbuh secara sempurna dan menjadi anak yang berkualitas,” tandasnya panjang lebar.

Acara yang juga diisi pengenalan pengetahuan lalu lintas dari Srikandi Polres Ngawi ini juga dimeriahkan sajian Tarian Klantung oleh ribuan anak – anak PAUD, nampak Bupati Ngawi, ikut menari ditengah antusiasme penari cilik ini. Selain tarian, juga ada Pawai Karnaval yang diikuti 840 anak-anak PAUD.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Abimanyu dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang diselenggarakan ini adalah salah satunya untuk melaksanakan program pemerintah. Dan, diimplementasikan dengan memaksimalkan pelayanan PAUD dan PNF di Pemkab Ngawi, dengan melibatkan semua stakeholder. Menurut Abimanyu, PAUD menjadi tumpuan pendidikan awal bagi masyarakat, “Alhamdullilah, respon masyarakat sekarang sudah lebih baik, banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke PAUD,” beber Abimanyu. Ia juga menyampaikan bahwa Pemkab Ngawi giat lakukan pembinaan untuk tenaga pendidik di PAUD, terutama yang belum memiliki pendidikan linier, “Diharapkan mereka yang tidak linier ini menjadi guru PAUD yang berkompetensi,” tuturnya.

Bersamaan dengan acara yang spektakuler ini, juga dicanangkan Gerakan Ngawi Membaca,  yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. “Adanya pencanangan ini agar semua orang sadar, dengan membaca bisa akan mendapatkan banyak informasi yang lebih luas,” jelasnya. Ia juga memberitahukan bahwa semua perpustakaan yang ada di Ngawi dapat dikunjungi.

Selain tarian kolosal, acara yang digelar massal ini juga menampilkan kreatifitas anak termasuk lomba untuk guru – gurunya juga, hal ini merupakan wujud pengembangan yang mampu merangsang tumbuh kembang mental dan karakter anak. (Kominfo)

           

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Bupati Sambang Desa, Minta Angkat Potensi Wisata

Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono mengadakan kunjungan ke Desa Danguk Kecamatan ...