Home / PENGUMUMAN / Munculkan Kreasi Baru Dalam Lomba Tarian Khas Ngawi

Munculkan Kreasi Baru Dalam Lomba Tarian Khas Ngawi

Ngawi- Masih dalam rangkaian memperingati hari jadi Ngawi yang ke 659 dan hari kemerdekaan RI ke 72, Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olah Raga menyelenggarakan lomba tarian khas Ngawi. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Eka Kapti, 29/08/2017.

Sebanyak 10 peserta dari sanggar-sanggar dan sekolah-sekolah mengikuti lomba tarian khas Ngawi ini yakni SMKN 2 Ngawi, SMPN 2 Geneng, SMPN 1 Geneng, Sanggar Wuri D, SMPN 1 Ngawi, Sanggar Sri Widayati, SMKN 1 Ngawi, Sanggar Suryo Budoyo, SMAN Ngrambe dan SMAN Karangjati. Sedangkan juri dalam lomba ini berasal dari luar Kabupaten Ngawi yaitu, Eko Wahyu Prihantoro sutradara ketoprak/wayang orang dari Surabaya, Endah Pusporini Koreografer/dancer dari Nganjuk dan Kokok Wijanarko pimpinan sanggar, penata musik serta seniman dari Kediri.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Ony Anwar Harsono, Sekda Mokh. Sodiq Triwidiyanto, Anggota Forpimda, Kepala OPD Kabupaten Ngaw, Camat se Kabupaten Ngawi, Seniman dan Budayawan.

Lomba ini diawali dengan penyampaian laporan dari  Plt. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Yulianto Kusprasetyo yang mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya kreatifitas penikmat dan seniwati di Kabupaten Ngawi serta menumbuh kembangkan seni budaya daerah. Melalui festival karya tari ini diharapkan akan terjadi transformasi dari generasi pendahulu dan generasi sekarang dan menanamkan rasa cinta seni budaya khususnya seni tari pada generasi muda dan masyarakat, ujar Yulianto.

Sementara itu Wakil Bupati Ony Anwar Harsono dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ngawi sangat mengapresiasi pelaku-pelaku seni dan budayawan yang ada di Kabupaten Ngawi. Selain itu Pemda juga memberi ruang kepada seniman dan budayawan untuk bersama-sama senantiasa berinovasi memiliki kreatifitas-kreatifitas yang baru dalam rangka menumbuh kembangkan sekaligus memberikan khasanah yang baru di bidang kesenian khususnya seni tari yang ada di Kabupaten Ngawi.

Dengan berbagai inovasi dan kreatifitas yang dikembangka para seniman di Ngawi diharapkan nanti bisa memunculkan keberagaman kreasi tari khas Ngawi yang baru. “ Kreasi tarian khas Kab. Ngawi baru ini nantinya bisa mendukung dan meningkatkan program Ngawi Visit Year 2017 yang sudah berjalan”, terang Ony Anwar.

Mengakhiri sambutannya Ony Anwar berharap bahwa pemenang lomba pada acara ini bisa memunculkan karya tari yang asli dari seniman dan seniwati serta budayawan Kab. Ngawi. Dengan demikian bisa meningkatkan identitas Kab. Ngawi sebagai kota budaya yang kaya akan keseniannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

IDI Ngawi Halal Bihalal Sebagai Wujud Kebersamaan Dan Kerukunan

Ngawi. Untuk menambah tali silaturrahim yang terjalin selama ini Ikatan Dokter Indonesia ...