Home / BERITA / Peringatan Hari Pramuka Ke 56 Membentuk Karakter Generasi Penerus Bangsa

Peringatan Hari Pramuka Ke 56 Membentuk Karakter Generasi Penerus Bangsa

Ngawi. Memperingati Hari Pramuka yang ke 56, Pemerintah Kabupaten Ngawi menyelenggarakan upacara di halaman Pendopo Kabupaten Ngawi 27 Agustus 2017. Upacara diikuti Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Wakil Bupati Ony Anwar Harsono, Ketua DPRD Dwi Riyanto Djatmiko, Sekda Mokh. Sodiq Triwidiyanto, Unsur Forpimda, Kepala OPD Kabupaten Ngawi, Camat se Kabupaten Ngawi, Pimpinan Kwarcab Pramuka Kabupaten Ngawi, Pelatih, Pembina, Pamong, Instruktur Gerakan Pramuka.

Bertindak sebagai inspuktur Bupati Ngawi Budi Sulistyono membacakan sambutan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault yang mencerikan cikal bakal Gerakan Pramuka yang ada sejak tahun 1912 dan sampai sekarang  yang sudah 105 tahun eksis di Indonesia. Dan saat presiden pertama Indonesia Bung Karno Gerakan Pramuka ini disahkan melalui Keputusan Presiden No. 238 tahun 1961 yang didalmnya terdiri 60 organisasi kepanduan.

Pada HUT pramuka yang ke 56 ini mengambil tema “Bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik demi bangsa “. Tema ini diambil sebagai indikasi bahwa Gerakan Pramuka telah konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan untuk menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya. Dalam sambutannya Adhyaska Dauld juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Ketua Mabida, ketua Kwarda, Ketua Mabicab dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka yang telah mengirimkan peserta untuk mengikuti Raimuna Nasional ke IX tahun 2017 yang bertemakan “Pramuka Untuk Masa Depan Indonesia” dengan slogan KIBAR (Kreatif, Inovatif dan Berkarakter).

Pada kesempatan ini Adhyaska Dauld juga menyinggung tentang pemanfaatan media sosial yang berkembang di era modernisasi. Dengan kemajuan teknologi yang diciptakan berupa media sosial diharapkan gerakan pramuka ini bisa menjadi sebuah kantor berita bagi masyarakat. Dengan demikian  pramuka tidak sekedar sebagai konsumen berita, tapi juga sebagai pusat berita.

Adhyaska Dauld dalam hal ini juga mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar gerakan pramuka diberikan ruang untuk bisa merealisasi visi dan misinya untuk membentuk karakter pemuda di Indonesia.  “ Dengan pembangunan karakter merupakan fokus bangsa kita ke depan”, terang Adhyaska Dauld.

Mengakhiri sambutannya Adhyaska Dauld juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka.  Selain itu Adhyaska Dauld juga mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dari Gerakan Pramuka atas jasa-jasa, pengabdian dan kerjasama selama ini dalam meningkatkan aktifitas dan kualitas Gerakan Pramuka. Semoga penghargaan yang telah diterima dapat memacu dan memotivasi kakak-kakak untuk dapat membantu tanpa bosan dan lelah guna memajukan Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan bangsa ini.

Pada kesempatan ini Bupati Ngawi Budi Sulistyono juga mengucapkan selamat HUT Pramuka ke 56 dan mengharapkan agar kegiatan gerakan pramuka untuk membangun karakter generasi muda berjalan sukses. Selanjutnya Bupati memberikan penghargaan berupa piala serta piagam kepada anggota Gerakan Pramuka yang berprestasi di tingkat sekolah SD/MI hingga SMA/MA.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HKN Ke 53 Ajak Masyarakat Untuk Berprilaku Hidup Sehat Bagi Dirinya, Keluarga dan Lingkungan

Ngawi- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 dengan tema ‘’ Sehat ...