Home / BERITA / Pemkab Ngawi Sabet Anugerah Swasti Saba Wistara

Pemkab Ngawi Sabet Anugerah Swasti Saba Wistara

NGAWI – Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menerima penghargaan Sehat Swasti Saba Wistara dari Menteri Kesehatan di Jakarta, Selasa (28/11). Penghargaan ini merupakan level tertinggi dalam anugerah Kota Sehat. Apresiasi tersebut menambah daftar panjang prestasi Ngawi di 2017 ini. ’’Ini buah dari kerja keras bersama seluruh stake holder Ngawi,’’ ucap Ony Anwar Harsono.

Di bidang kesehatan, Ngawi berhasil menyabet anugerah sebagai kabupaten sehat kategori Swasti Saba strata Wistara. Itu merupakan anugerah dengan kategori tertinggi untuk bidang kesehatan. Di tahun sebelumnya, Ngawi harus puas sampai ditingkat menengah atau Swasti Saba strata Wiwerda. Capaian tersebut berhasil diraih lantaran Ngawi fakta antara data dokumen laporan kesehatan dengan lapangan sejalan. “Dibutuhkan kerja keras bersama yang diikuti dengan kebijakan – kebijakan dari Pemerintah Daerah Ngawi dalam rangka menunjang terwujudnya Kota Sehat. Terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat dan semua pihak yang memberikan kontribusi dan dukungan atas diraihnya kota sehat,” jelas orang nomor dua di Kabupaten Ngawi.

Ony Anwar menjelaskan bahwa penghargaan ini diraih dengan banyaknya tingkatan verifikasi dan penilaian yang harus dilalui. Hal tersebut tidak dapat diwujudkan jika prosesnya dilakukan secara tiba-tiba. Artinya, penghargaan itu tidak bisa didapatkan secara instan. Ada verifikasi yang dilakukan tim dari Kemenkes RI ke Ngawi terkait tatanan kesehatan di kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata, ketahanan pangan, dan gizi, masyarakat sehat dan mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat. ’’Jadi bukan tiba-tiba di-setting bersih dan sehat semua, tapi memang harus dibudayakan sejak lama dulu,’’ ungkapnya.

Penyerahan anugerah tersebut dilaksanakan langsung di gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam penerimaan penghargaan ini, Ngawi dinilai fokus dalam melaksanakan penataan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan mandiri. Hal itu pula ditunjukkan dengan salah satu visi misi Ngawi yang ingin meningkatkan taraf derajat kesehatan masyarakat yang paripurna. ’’Komitmen kepala daerah dalam melaksanakan berbagai poin yang ada untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat jadi salah satu faktor pendukungnya,’’ ucap Ony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Budi Sulistyono Kukuhkan Kelompok dan Desa Sadar Wisata Kabupaten Ngawi

Ngawi 12 Desember 2017 di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi diselenggarakan Upacara ...