Home / BERITA / Pemkab. Ngawi Peringati Nuzulul Qur’an Dengan Pemberian Santunan Dan Buka Bersama Anak Yatim

Pemkab. Ngawi Peringati Nuzulul Qur’an Dengan Pemberian Santunan Dan Buka Bersama Anak Yatim

Ngawi- Pemerintah Kabupaten Nagwi memperingati Nuzulul Qur’an dengan melakukan kegiatan buka bersama dengan Panti Asuhan Asy Syarifah dan Panti Asuhan Mandiri. Acara berlangsung di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi 15 Juni 2017 dengan dihadiri Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mewakili Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Plt. Sekda Mokh. Sodiq Triwidiyanto, Ketua DPRD Dwi Riyanto Djatmiko, Kasdim mewakili Dandim 0805, Wakapolres mewakili Kapolres, Danyon Armed 12 KOSTRAD, Kajari Ngawi Ketua Pengadilan Ngawi, Kemenag Ngawi, Ketua MUI Ngawi, Ketua Baznas Ngawi,  Kepala OPD Kabupaten Ngawi, Organisasi Islam, Organisasi Wanita dan santri Panti Asuhan.

Selain kegiatan buka bersama dengan anak Yatim dalam memperingati Nuzulul Qur’an Bupati dan Wakil Bupati Ngawi juga memberikan sedekah kepada kedua Panti Asuhan tersebut. Selain itu dalam acara ini mendatangkan Kyai Haji Sutoyo dari Madiun yang juga sebagai Ketua MUI Kabupaten Madiun.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dalam sambutannya mengatakan bahwa di bulan suci Ramadhan merupakan momen untuk meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT. Karena selama Ramdhan keimanan umat Islam diuji dari godaan dan cobaan dalam kehidupan sehari-hari. Perbuatan buruk agar dihindari dan ingat kepada Allah agar Iman tetap kokoh sebagai benteng kebaikan. Mas Ony (sapaan akrab Wakil bupati) juga menyampaikan bahwa di bulan suci ini kita perbanyak Shalat Sunah, bershodaqoh kepada sesama yang membutuhkan, dan  membantu anak yatim/yatim piatu yang merupakan wujud kecintaan kita kepada Allah karena kita menjalankan Perintahnya.

“ Selain itu bulan ramadhan ini merupakan bulan penuh berkah maka kita juga harus perbanyak pahala, karena surga Allah terbuka bagi orang yang melakukannya, seperti membayar zakat, dan menyantuni anak yatim”, terang Mas Ony. Mengakhiri sambutannya Wakil Bupati Ony Anwar mengatakan semoga di bulan suci Ramadhan ini amal kebaikan kita dalam menjalan ibadah puasa diterima oleh Allah SWT.

Kegiatan memperingati Nuzulul Qur’an ini dilanjutkan dengan penyampaian tausyiah oleh Kyai Haji Sutoyo yang menyampaikan tentang Nuzulul Qur’an. Kyi Sutoyo mengatakan bahwa pada bulan Ramadhan ini selain bulan yang penuh rahmat dan pengampunan juga dikenal dengan bulan mulia, karena pada bulan ramadhan diturunkan kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat muslimin. Sebagaimana yang telah Allah Firmankan dalam surat Al-Baqarah ayat 185. Ayat ini mengingatkan umat Islam untuk bersyukur kepada Allah karena dengan datangnya kitab suci Al Qur’an ini bisa selamat baik di dunia maupun akhirat. Maka pada bulan Ramadhan ini banyaklah berbuat amal dan membantu fakir miskin agar dirindukan oleh surga. Sebelum membacakan do’a  Kyai Haji Sutoyo mengatakan agar generasi muda sekarang  gemar membaca Al Qur’an serta menghindari perkataan yang tidak baik dan semoga yang hadir disini termasuk orang-orang yang dirindukan oleh surga.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piala lomba cerdas cermat antar anak panti asusan yang dilakukan olek Wakil BUpati dan Ketua DPRD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HKN Ke 53 Ajak Masyarakat Untuk Berprilaku Hidup Sehat Bagi Dirinya, Keluarga dan Lingkungan

Ngawi- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 dengan tema ‘’ Sehat ...