Home / BERITA / Pemerintah Kabupaten Ngawi Menerima KKN Mahasiswa UGM

Pemerintah Kabupaten Ngawi Menerima KKN Mahasiswa UGM

Ngawi- Pemerintah Kabupaten Ngawi menerima kedatangan mahasiswa Universitas Gajah Mada Yogyakarta dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kabupaten Ngawi, Senin 12 Juni 2017. Bertempat di pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, acara dihadiri Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Kepala OPD, Camat Pitu, Camat Sine, Kepala Desa Pitu, Kepala Desa Dumplengan, Kepala Desa Selopuro dan Kepala Desa Giri Mulyo. Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Universitas Gajah Mada ini menugaskan sejumlah 118 orang mahasiswa dari berbagai Fakultas. Masing-masing mahasiswa terbagi di dua Kecamatan Pitu dan Kecamatan Sine yang terdiri dari desa Pitu, desa Dumplengan dan desa Selopuro, dan desa Girikerto.

Dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Ngawi mahasiswa UGM ingin membantu masyarakat dalam menyumbangkan pemikiran dan tenaga untuk pemecahan masalah pembangunan daerah setempat, membantu memikirkan, merencanakan, merumuskan dan melaksanakan berbagai program pembangunan. Memberikan dorongan potensi dan inovasi bagi kalangan anggota masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan lewat pemanfaatan ilmu dan teknologi.

Acara ini diawali dengan sambutan dari perwakilan Rektorat UGM yang menyampaikan bahwa baru saja Rektor UGM dan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo melepas kurang lebih 5.200 mahasiswa di 155 Kabupaten/Kota dan 188 orang mahasiswa di wilayah Kabupaten Ngawi. Tugas utama mahasiswa dalam pesan Menteri Dalam Negeri yakni agar supaya berinovasi untuk kemajuan desa yang selama ini membutuhkan. Inovasi peningkatan empat desa ini diupayakan bisa memperdayakan masyarakat dipinggir hutan untuk melestarikan hutan. Di kecamatan Sine diharapkan bisa menjaga hutan pegunungan sedangkan di kecamatan Pitu bisa menjaga kelestarian hutan dataran rendah. Disampaikan pula kepada Bupati Budi Sulistyono bahwa dari KKN tahun 2015 dan 2016 Universitas Gajah Mada telah menyusun buku perincian sederhana kondisi di Kecamatan Sine tentang keaneka ragaman hayati, flora, fauna, sumber air serta hutan gunung Lawu Jawa Timur.

Dosen perwakilan Rektor UGM dalam sambutannya juga mengharapkan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi dan menyerahkan mahasiswa sejumlah 118 orang mulai tanggal 10 Juni sampai 4 Agustus 2017 untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur. Dalam akhir sambutannya  Dosen perwakilan Rektor Agung mengajak mahasiswa untuk mengucapkan slogan secara bersama-sama yang berbunyi “Masyarakat hutan sejahtera hutannya lestari”.

Pada kesempatan ini Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengawali sambutannya dengan salam Ngawi Ramah dengan mengajak mahasiswa bertepuk tangan.  Selain itu Bupati menjelaskan bahwa di Ngawi baik jajaran maupun masyarakatnya harus ramah, maka mahasiswa juga harus ramah. Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa KKN itu mengajak kita berfikir tentang nalar karena sebenarnya kuliah itu ada dua hal yaitu nalar yang digunakan dan ilmu yang diterapkan. Harapan Pemerintah Kabupaten Ngawi, manfaat Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini betul-betul dipakai dan yang menerima manfaat adalah mahasiswa itu sendiri.Kuliah Kerja Nyata ini bentuk belajar mencari pengalaman, begitu lulus menjadi pemimpin bagi masyarakat.

Disela sambutannya Budi Sulistyono juga menceritakan kepada mahasiswa bahwa waktu beliau menjadi mahasiswa UGM dulu, saat KKN di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah melakukan berbagai kegiatan utuk bisa mendekatkan diri dan akrab dengan masyarakat salah satunya dengan menyalurkan hobi misalkan mangajak bermain Voli atau sepak bola dan lain sebagainya yang bisa menjadi daya tarik tersendiri sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Bupati dalam hal ini juga menghimbau bagaimana mahasiswa bisa membantu memikirkan infrastuktur desa, jalan dan saluran air serta bagaimana membantu melestarikan hutan.

Diakhir sambutannya Bupati Sulistyono juga menyampaikan kepada mahasiswa semoga manfaat Kuliah Kerja Nyata ini menjadi bekal bagi masyarakat. Dan untuk Pemerintah Kabupaten Ngawi akan selalu mendukung Kuliah Kerja Nyata mahasiswa UGM di Kabupaten Ngawi. Setelah menyampaikan sambutan Bupati Budi Sulistyono menyematkan pita kepada masing -masing perwakilan fakultas tanda dimulainya Kuliah Kerja Nyata mahasiswa UGM di Kabupaten Ngawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HKN Ke 53 Ajak Masyarakat Untuk Berprilaku Hidup Sehat Bagi Dirinya, Keluarga dan Lingkungan

Ngawi- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 dengan tema ‘’ Sehat ...