Home / BERITA / Pemerintah Kabupaten Ngawi Memperingati Hari Kartini

Pemerintah Kabupaten Ngawi Memperingati Hari Kartini

Ngawi – Raden Adjeng Kartini atau lebih dikenal dengan R.A. Kartini merupakan tokoh wanita yang terkenal di Indonesia sebagai tokoh yang memperjuangkan emansipasi wanita. R.A. Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Kota Jepara. Hari kelahirannya itu kemudian diperingati sebagai Hari Kartini untuk menghormati jasa – jasanya pada Bangsa Indonesia . Presiden Soekarno pada tahun 1964 memberikan gelar Pahlawan Kemerdekaan kepada almarhum R.A. Kartini dan menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini.

Untuk memperingati perjungan beliau yang gigih terhadap kaum wanita, Pemerintah Kabupaten Ngawi melaksanakan upacara memperingati Hari Kartini ke 138 di halaman Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, Kamis 20 April 2017. Bertindak sebagai Inspektur upacara yakni Bupati Ngawi Budi Sulistyono diikuti dengan peserta upacara mulai dari pejabat struktural eselon II, III dan eselon IV serta pegawai kingkup Pemerintah Kabupaten Ngawi.

Pada kesempatan itu Bupati Ngawi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam Peringatan Hari Kartini merupakan wujud dari perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki – laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya potensi yang menentukan keberhasilan pembangunan, momentum. Hari Kartini juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi semua tentang berbagai upaya yang telah dilakukan memajukan pergerakan kaum perempuan di semua bidang pembangunan.

Lebih lanjut Budi Sulistyono mengatakan bahwa kekuatan kaum perempuan yang berjalan seiring dengan kaum laki – laki telah terbukti mampu mengantarkan keberhasilan dan juga mampu menghadapi berbagai tantangan global dan multi dimensi hingga saat ini. Perempuan dan laki – laki memiliki peran dan kedudukan yang setara dalam mencapai tujuan setara dalam memperjuangkan kesejahteraan disemua bidang dan pembangunan serta bidang pendidikan, ekonomi, politik, dan hukum. Selain itu perempuan dan laki – laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama dalam melaksanakan pembangunan, hal ini sesuai dengan target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional baik jangka menengah dan jangka panjang.

Dalam peringatan Hari Kartini juga disampaikan masih ada berbagai persoalan yang sangat kompleks di masyarakat melanda kaum perempuan yang menjadi perhatian dari semua kalangan khususnya persoalan kekerasan terhadap perempuan dan perdagangan orang yang saat ini menjadi salah satu perhatian serius Pemerintah. Dari persoalan tersebut banyak korban yang tidak sedikit dari kalangan perempuan dan anak. Salah satu persoalan yang sering menjerat kaum wanita dan anak-anak adalah kejahatan sexual yang menjadi permasalahan bangsa yang harus segera di tuntaskan. Kekerasan ini segera dituntaskan mengingat kaum perempuan merupakan partner utama kaum laki – laki dalam mewujudkan dan memajukan bangsa ini, serta anak adalah tunas muda harapan bangsa yang kelak akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini di masa – masa yang akan datang.

Seiring dengan era globalisasi yang terus berjalan, peran dan kontribusi perempuan mempunyai posisi strategis di berbagai bidang. Hal ini membuktikan bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan akan mampu menunjukkan perannya secara mandiri dan maximal. Disampimg itu sendi – sendi kehidupan juga menjadi perhatian serius pada saat ini adalah ketahanan keluarga. Maraknya berbagai permasalahan bangsa dan kompleksitas masalah – masalah sosial yang terjadi di masyarakat seperti kekerasan, trackviking, pornografi, penyakit infeksi menular sexual, dan HIV AIDS, narkoba, dan kriminalitas menyebabkan runtuhnya ketahanan keluarga. Untuk itulah penting menanamkan nilai – nilai budi pekerti, iman dan taqwa serta nilai – nilai kekerasan menjadi pilar utama untuk menjawab dan mengatasi berbagai masalah tersebut.

Dari permaslahan yang kompleks itu diakhir sambutannya Bupati Budi Sulistyono mengajak masyarakat terutama kaum perempuan terus berkarya dan mampu menjadi sosok yang mandiri, inovatif, percaya diri, serta meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri untuk bersama kaum laki – laki menjadi kekuatan besar dalam pembangunan Bangsa. Selain itu Bupati juga mengucapkan selamat Hari Kartini khususnya kepada kaum perempuan, semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi setiap langkah dan perjuangan kita dalam membangun Bangsa dan Negara tercinta ini.(rsg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HKN Ke 53 Ajak Masyarakat Untuk Berprilaku Hidup Sehat Bagi Dirinya, Keluarga dan Lingkungan

Ngawi- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 dengan tema ‘’ Sehat ...