Home / BERITA / Pawai Takbir Menyambut Idul Fitri 1438 H

Pawai Takbir Menyambut Idul Fitri 1438 H

Ngawi- Dalam menyambut hari Idul Fitri 1438 H banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat diantaranya dengan menggelar pawai takbir keliling. Dan untuk kegiatan takbir keliling ini Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Kemenag Ngawi menyelenggarakan lomba pawai takbir keliling pada hari sabtu tanggal 25 juni 2017 dengan mengambil rute dalam kota Ngawi yang diikuti oleh banyak peserta dari tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan umum. Acara takbir keliling ini dihadiri oleh Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Sekda Mokh. Sodiq Triwidjyanto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Anwar Rifai, Dandim 0805 Letkol Inf Mordechai Triyandono, Kapolres AKBP Nyoman Budiarja, Danyon Armed 12 Kostrad, Ketua Pengadilan Negeri, Kajari, Kemenag Ngawi dan Kepala OPD Kabupaten Ngawi.

Dalam pelaksanaan pawai takbir ini, panitia takbir keliling dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam lomba takbir keliling ini peserta harus memenuhi 3 penilaian yaitu keindahan menghias, kerapian berbaris dan kekompakan mengumandangkan takbir. Selanjutnya panitia juga menyampaikan bahwa untuk lomba takbir keliling ini mengambil start di jalan Imam Bonjol depan Masjid Agung sebutan bagi Masjid Baiturrahman Ngawi.

Pada kesempatan ini Asisten Pemetintahan dan Kesejahteraan Rakyat Anwar Rifai dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini takbir keliling dilakukan untuk menyambut Idul Fitri. Lebih lanjut Anwar Rifai mengatakan bahwa kegiatan ini berdasar keputusan ketua panitia peringatan hari besar Islam Kabupaten Ngawi Nomor 005/PHBI/MB/6/2017 tanggal 21 Juni tentang susunan panifia takbir keliling dan Shalat Idul Fitri Kabupaten Ngawi 1438 H. Adapun tujuan dilaksanakan takbir keliling yang pertama untuk lebih menyemarakkan siar Islam di masyarakat sehingga dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan ajaran Islam di masyarakat, kedua untuk lebih mengagungkan dan menyemarakkan hari raya Idul Fitri dengan kegiatan yang sesuai dengan Syariat Islam sehingga meminimalkan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan yang negatif, dan yang ketiga untuk lebih memotivasi masyarakat untuk selalu mengagungkan dan bersyukur kepada Allah.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono yang hadir dalam acara ini dalam sambutannya mengatakan kepada panitia lomba yang sudah mempersiapkan diri sedemikian rupa, khususnya lomba takbir keliling ini tetap berjalan lancar tanpa ada halangan suatu apapun. Bupati Budi Sulistyono juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1438 H, mohon maaf lahir batin kepada masyarakat Ngawi. “ Semoga ibadah kita bisa sempurna dengan Siar Islam pada malam hari ini dan kita tuntaskan besuk pagi dengan Shalat Idul Fitri ”, ujar Bupati. Setelah memberikan sambutan, Bupati Budi Sulistyono melanjutkan dengan memberangkatkan peserta lomba takbir keliling.

Adapun peserta takbir keliling hari raya Idul Fitri ini diikuti 4 tingkatan yaitu pertama tingkat SD/MI sebanyak 4 kelompok, tingkat SMP/MTS sebanyak 3 kelompok, tingkat SMA/MA sebanyak 4 kelompok dan tingkat remaja Masjid atau umum sebanyak 3 kelompok sehingga total yang ikut pawai takbir keliling pada hari ini 1438 H ada sebanyak 14 kelompok itu kurang lebih ada 1411 orang. Takbir keliling Idul Fitri ini dilombakan dengan pemenang juara 1,2 dan 3 pada masing-masing tingkatan.(Rsg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Karnaval Inbox Dipadati Ribuan Pengunjung di Ngawi

Ngawi. Program acara stasiun TV yang disiarkan secara langsung banyak diminati masyarakat ...