Home / Uncategorized / Pantau Banjir Jakarta dengan Aplikasi

Pantau Banjir Jakarta dengan Aplikasi

Jakarta – Berbagai cara dilakukan pemerintah DKI Jakarta untuk menanggulangi permasalahan banjir. Salah satunya adalah dengan merilis aplikasi mobile bernama Pantau Banjir.

Sejak zaman Belanda, Jakarta kerap menjadi langganan banjir. Pemerintah DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi kerugian dari dampak bencana banjir.

Seperti namanya, aplikasi Pantau Banjir ditujukan untuk memantau debit air di sekitar kawasan jakarta. “Kini warga Jakarta bisa memantau tinggi air dan kondisi banjir melalui aplikasi Pantau Banjir. Bagikan informasi ini untuk Jakarta lebih baik,” tulis akun Facebook Jakarta Smart City.

Dari hasil menjajal aplikasi ini, detikINET menemukan sejumlah fitur yang mungkin bisa berguna bagi warga Jakarta. Seperti misalnya fitur memantau ketinggian di wilayah RW yang tersebar di wilayah Jakarta, mulai dari Pademangan Barat hingga Duren Sawit.

Anda pun bisa mengetahui seberapa parah banjir yang ditimbulkan dengan melihat foto yang ada di setiap RW. Foto ini diambil dari laporan warga di wilayah tersebut.

Tak hanya itu, adapula fitur untuk melihat kondisi pintu air, apakah berada dalam kondisi siaga aman atau siaga 1. Semuanya bisa Anda atur berdasarkan jam.

Terakhir, adalah memantau apakah alat pompa banjir berfungsi atau tidak. Seperti misalnya pompa di Grogol Bidang Aliran Barat terpantau berfungsi tiga buah. Begitupula dengan Muara Angke dan sekitarnya.

Dari pengamatan detikINET, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Sayang, aplikasi ini belum tersedia untuk perangkat berbasis sistem operasi iOS.

sumber : detik.inet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

RAPAT KERJA KESEHATAN CIPTAKAN MASYARAKAT NGAWI HIDUP SEHAT

Ngawi- Untuk menjawab semua permasalahan yang ada tentang kesehatan Pemerintah Kabupaten Ngawi ...