Home / BERITA / JAMASAN PUSAKA HUT NGAWI KE 659 BERLANGSUNG KHIDMAT

JAMASAN PUSAKA HUT NGAWI KE 659 BERLANGSUNG KHIDMAT

Ngawi- Dalam rangka memperingati HUT Ngawi ke 659 Pemerintah Kabupaten Ngawi mengadakan acara skral yang dilakukan setiap tahun yakni prosesi jamasan pusaka yang dilakukan di Pendopo Wedya Graha pada hari kamis 6 Juli 2017. Jamasan Pusaka ini berupa dua buah tombak Tombak Kyi Singkir dan Kyai Songgolangit serta dua paying yakni paying Tunggul Wulung dan Tunggul Warono. Acara ini dipimpin langsung oleh Bupati Ngawi Budi Sulistyono yang diikuti anggota Forpimda dan Kepala OPD Kabupaten Ngawi.

Rangkaian acara diawali dengan penjemputan pusaka di dalam Pendopo Wedya Graha yang dilakukan oleh lima sesepuh yang dipimpin Sugito anggota DPRD Ngawi sekaligus Ketua Perdani Cabang Ngawi.. Prosesi penyerahan pusaka dlakukan oleh pemangku adat kepada Bupati dan Wakil Bupati. Selanjutnya melalui Bupati dan Wakil Bupati pusaka diserahkan kepada pejemput pusaka untuk dilakukan jamasan di teras depan pendopo Wedya Graha.

Bupati Budi Sulistyono beserta Unsur Forpimda berbaris bersama pejemput pusaka menuju teras depan pendopo Wedya Graha untuk mengikuti prosesi jamasan pusaka yang dilakukan oleh sesepuh agung Ki Suharno Ilham. Puncak dari acara ini yakni penyerahan pusaka satu persatu kepada Ki Suharno untuk dilakukan jamasan di depan Pendopo Wedya Graha dengan diiringi doa keselamatan.

Setelah melakukan semua prosesi Jamasan Pusaka Bupati dalam sambutannya mengatakan dalam tahun kunjungan wisata 2017, acara jamsan pusaka yang penuh dengan sejarah serta tradisi-radisi lainnya harus tetap dipertahankan.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua OPD dan lembaga yang telah membantu acara ini sehingga bisa diselenggarakan dengan baik dan semoga Allah SWT memberikan balasan yang lebih dibanding apa yang sudah diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pedalang Ngawi Pukau Pengunjung TMII Dalam Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional

Ngawi- Siswa SMPN 2 Karanjati Wahyu Yoga Ari Respati tampil memukau dalam ...