Home / BERITA / FESTIVAL DALANG REMAJA TINGKAT NASIONAL SARANA MENGEMBANGKAN GENERASI MUDA PENERUS BUDAYA DAN KESENIAN WAYANG KULIT

FESTIVAL DALANG REMAJA TINGKAT NASIONAL SARANA MENGEMBANGKAN GENERASI MUDA PENERUS BUDAYA DAN KESENIAN WAYANG KULIT

Ngawi- Dalam melestarikan dan mengenalkan budaya dan kesenian khususnya kesenian wayang kulit kepada generasi muda. Pemerintah Kab. Ngawi menggelar acara Festival Dalang Remaja tingkat Nasional yang di selenggarakan di Laun-aluin Merdeka Ngawi pada 7-8 September 2017.

Acara yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga untuk memeriahkan HUT Ngawi ke 659 ini turut dihadiri Wakil Bupati Ony Anwar Harsono mewakili Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Ketua DPRD Dwi Riyanto Djatmiko, Sekda Mokh. Sodiq Triwidiyanto, Unsur Forpimda, Kepala OPD Kabupaten Ngawi dan Camat se Kabupaten Ngawi.

Festival dalang remaja tingkat nasional diikuti sebanyak 19 peserta dari 13 Kabupaten/Kota di Indonesia. Para dalang muda ini saling menunjukkan kemahirannya dalam memainkan wayang kulit dengan baik untuk menjadi yang terbaik dalam acara ini.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Ony Anwar Harsono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen dan upaya Pemerintah Kabupaten Ngawi untuk senantiasa menumbuh kembangkan rasa cinta kepada kesenian, budaya asli bangsa Indonesia khususnya pedalangan wayang kulit sehingga nanti bisa membentuk karakter bangsa dan  memperkokoh jati diri bangsa.

“ Selain itu kegiatan ini digelar untuk menjadikan dalang-dalang remaja sebagai dalang yang memiliki budi pekerti luhur, karakter yang baik, moral yang baik sesuai dengan pesan dan pelajaran yang ada pada  kesenian wayang kulit”, ujar Wakil Bupati yang selanjutnya membuka acara Festival dalang remaja tingkat Nasional.

Setelah tiga (3) hari pelaksanaan lomba dalang remaja tingkat nasional akhirnya juri menetapkan juara I  dimenangkan peserta dari Kabupaten Kediri dengan nama Gilang Bima Nugraha, juara II peserta dari Surabaya (a) dengan nama Ragil Yonathan SG dan juara III dari Surabaya (b) dengan nama Jayananta Eka A, sedangkan Kabupaten Ngawi meraih juara harapan III dengan nama Dimas Panjalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ngawi Book Festival 2017 Berikan Edukasi dan Motivasi Guna Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Ngawi- Ngawi Book Festiaval 2017 secara resmi dibuka oleh Bupati Ngawi Budi ...