Home / BERITA / Dishub Periksa Kelaikan Sarana (Perahu) dan Prasarana (Dermaga) Waduk Pondok

Dishub Periksa Kelaikan Sarana (Perahu) dan Prasarana (Dermaga) Waduk Pondok

NGAWI. Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur melakukan pemeriksaan kelaikan sarana (perahu) dan prasarana (dermaga) di Waduk Pondok Kecamatan Bringin 31/01/2018. Pelaksanaan ini  merupakan kegiatan Kestib Kamladu ASDP di Kabupaten Ngawi.

Hadir pada kegiatan ini Perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi, Perwakilan Jasa Raharja, Forpimka Bringin, Tokoh Masyarakat dan operator perahu.

Dalam operasi tersebut pemilik perahu dan operator perahu diberikan arahan tentang angkutan sungai, danau dan penyeberangan guna meningkatkan keselamatan pengguna jasa angkutan sungai, danau dan penyeberangan. Pertemuan ini membahas tentang persyaratan teknis dan laik operasi sarana penyeberangan serta standart minimum keselamatan trasnsportasi penyeberangan.

Dalam acara ini diadakan sesi tanya jawab di mana hasilnya dapat disimpulkan  sebagai berikut, (1. Kurang laik operasinya sarana penyeberangan yang ada, 2. Kurang laik  operasinya prasarana penyeberangan yang ada, 3. Kurangnya operator yang berkompeten dalam pengoperasian sarana penyeberangan, 4. Kurangnya sarana dan prasarana pendukung keselamatan yang ada, 5. Belum adanya Asuransi Jiwa bagi pengguna jasa keselamatan).

Dari hasil di atas Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dan Jasa Raharja akan melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan keselamatan penyeberangan agar sesuai dengan standart minimum keselamatan penyeberangan. Upaya tersebut adalah, (1. Pengadaan atau perbaikan sarana penyeberangan agar dapat memenuhi standart minimum keselamatan penyeberangan, 2. Pengadaan atau perbaikan prasarana penyeberangan agar dapat memenuhi standart minimum keselamatan penyeberangan, 3. Mengadakan sosialisasi dan diklat keselamatan penyeberangan, 4. Pemberian bantuan alat pendukung keselamatan penyeberangan, 5. Pemberian santunan asuransi keselamatan penyeberangan oleh Jasa Raharja bagi pengguna jasa penyeberangan).

Pada tanggal 30/01/2018 sebelum melaksanakan kegiatan di Waduk Pondok, Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur telah menggelar sosialisasi keselamatan ASDP di desa Sidolaju Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi yang membahas kegiatan serupa. (Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Olah Raga Bersama Personil TNI, Polri, KPU, Panwaslu Bentuk Kerjasama Menghadapi Pilgub dan Wagub Jatim 2018

NGAWI. Menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim tahun 2018, Persit Kartika ...