Home / BERITA / Desa Baderan Masuk Nominasi Penilaian Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Nasional

Desa Baderan Masuk Nominasi Penilaian Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Nasional

Ngawi- Ngawi kembali menorehkan prestasi di bidang KB Kesehatan dengan menjadi juara ke 1 lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat Provinsi. Tidak berhenti disitu Kab. Ngawi juga berpotensi untuk mendapatkan prestasi dibidang yang sama dengan mewakili Jawa Timur maju dalam penilaian Lomba PKK Kesehatan tingkat Nasional. Dalam hal ini Desa Baderan yang sebelumnya menjadi pemenang lomba KB Kesehatan Tingkat Provinsi masuk dalam nominasi penilaian Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tngkat Nasional yang dilakukan penilaian pada, rabu 26 April 2017. Dengan dihadiri Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngawi Ibu Antiek Budi Sulistyono, Ibu Ony Anwar Harsono, Ibu Dwi Riyanto Djatmiko, Plt. Sekda Mokh. Sodiq Triwidiyanto, beserta Ibu, Tim Penilai Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Nasional Sukarya Teguh, Ibu Endang dan Ibu Sumi, Kepala Dinas P3KB Indah Kusumawardhani, Kepala Dinas Kominfo Prasetyo Harri Adi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sri Gunawan, Camat se Kabupaten Ngawi, Muspika kecamatan Geneng, dan Kader PKK Desa setempat.

Dalam penilaian lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan ada beberapa hal yang diperhatikan yakni, bagaimana Kantor Desa Baderan dalam melakukan penyambutan, admistrasi, Baderan peka kemudian bagaimana Polindes Baderan memberikan pelayanan KB, ANC terpadu, Pokja laktasi, dan Pos Bindu PTM perpustakaan dan Fordes. Selanjutnya tentang PAUD Baderan dalam upaya meningkatkan pengetahuan Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) serta bagaimana menangani Taman Posyandu dan Bina Keluarga Balita (BKB), Baderan Sehat Mandiri (Basema) serta Kelompok KB Rahayu. Untuk membantu masyarakat mencari tahu kesehatan Baderan mempunyai Warung Informasi Kesehatan (Warinkes),serta upaya untuk mendukung kesehatan dan status gizi masyarakat menanam Toga dan kolam ikan patin.

Disamping itu untuk mencapai harapan, kunci keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan ada yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan promosi, advokasi dan KIE program KB Kesehatan di masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan program KB sesuai dengan SOP, meningkatkan kualitas pelayanan program kesehatan sesuai SOP, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program KB dan kesehatan, pembinaan peserta KB aktif, memberikan dukungan pola pelaporan program KB dan kesehatan yang berkesinambungan, serta dukungan dari Pemerintah, TP PKK dan organisasi masyarakat diperlukan dalam mendukung keberhasilan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan.

Penilaian lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan bermaksud meningkatkan cakupan pelayanan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keluarga berencana, dan kesehatan sebagai upaya menyongsong Sustainable Development Goals ( SDGs) sedangkan tujuannya adalah memberikan gambaran mengenai proses pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan di Desa Baderan Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. Dalam penilaian Lomba ini juga dimeriahkan hiburan gamelan Jawa, bazar kerajinan tangan dan aneka kuliner .

Bupati Ngawi Budi Sulistyono dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Penilai Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Nasional di Kab. Ngawi. Dalam hal ini Bupati menyampaikan bahwa Desa Baderan dengan dukungan Pemerintah melalui OPD terkait sudah mempersiapkan diri sedemikian rupa untuk dilakukan penilaian, ketentuan yang menjadi persyaratan lomba telah siap dikunjungi Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Nasional. Kesemuannya berkat kekompakan, niat, dan semangat yang tinggi serta dukungan dari masyarakat Desa Baderan khususnya dan masyarakat Kabupaten Ngawi pada umumnya.

Dikatakan juga oleh Bupati Budi Sulistyono bagaimana kita mengupayakan kesejahteraan terus berlanjut tapi juga harus ada pembatasan angka kelahiran, himbauan dan pembinaan masih kurang tanpa disertai tindakan nyata. Di Kabupaten Ngawi semua Kecamatan sudah mempunyai kampung KB yang dicanangkan setiap Kecamatan, tahun ini bertambah dan setiap tahunnya akan terus bertambah. Lebih lanjut Budi Sulistyono juga menjelaskan bahwa mencegah resiko kematian ibu melahirkan sangat penting dilakukan dengan penyuluhan dan pemantauan serta menangani pergaulan remaja harus dikontrol memonitor dan mengawasi anak karena teknologi yang terus berkembang bisa berdampak buruk dalam perkembangan anak yang tidak sesuai dengan harapan orang tua. Mengakhiri sambutannya Bupati Ngawi mengatakan kepada Tim Penilai Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Nasional selamat menilai kegiatan lomba di Kabupaten Ngawi yang sudah kami sajikan.

Sambutan Tim penilai Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat Nasional diwakili Sukarya Teguh mengatakan bahwa dalam kunjungan ke Kabupaten Ngawi bukan melakukan penilaian karena proses penilaian sudah selesai ditentukan, Kabupaten Ngawi adalah salah satu juara Nasional dan semoga menjadi yang terbaik sesuai harapan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngawi, Kecamatan Geneng dan Desa Baderan. Tim Kesatuan Gerak PKK Kesehatan Nasional datang kesini untuk menyerap aspirasi masyarakat serta menerima usulan ke depannya seperti apa dan melihat kondisi nyata lapangan karena sebuah wilayah ditentukan dengan predikat terbaik sudah tentu beberapa Provinsi agar Daerah lain belajar ke wilayah terbaik itu sehingga sangat layak apabila sebuah wilayah dikatakan terbaik nantinya akan menjadi sebuah tempat pembelajaran dan pengembangan program PKK dengan mitra kerjanya BKKBN, kesehatan maupun sektor yang lain. Sukarya Teguh juga mengucapkan selamat dan suksea kepada Pemerintah Kabupaten Ngawi yang telah meraih prestasi terbaik di tingkat Nasional sebagai nominasi juara Nasional Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat Nasional dan semoga terbaik di tingkat Nasional.(rsg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Karnaval Inbox Dipadati Ribuan Pengunjung di Ngawi

Ngawi. Program acara stasiun TV yang disiarkan secara langsung banyak diminati masyarakat ...