Home / BERITA / Cunthang River Tubing: WIsata Baru Ngawi

Cunthang River Tubing: WIsata Baru Ngawi

Ngawi – Visit Ngawi Year 2017 yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Ngawi terus digelorakan disetiap penjuru Ngawi. Salah satu destinasi wisata baru telah dibuka di Desa Ngrayudan yang terletak di lereng Gunung Lawu sebelah utara, berada di wilayah Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. Lokasi dengan udara yang sejuk dan terletak di lereng gunung Lawu menyimmpan potensi wisata air yang berada di sungai Cunthang yang bisa dibuat river tubing, taman hutan segawen dan wiwitan. Bertempat di taman Hutan Segawen Desa Ngrayudan dilakukan Launching wisata, 17 Mei 2017. Acara ini dihadiri Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono , Plt. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Yulianto Kusprasetyo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Suroso, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prasettyo Harri Adi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Rahmad Didik , Muspika Kecamatan Jogorogo, Kepala Desa Ngrayudan Suwarno, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Asper dan Mantri Perhutani serta masyrakat setempat.

Wisata alam dan wisata sungai Desa Ngrayudan apabila dikelola dengan baik akan menjadi tempat wisata yang indah, maka dari itu kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan Kepala Desa Ngrayudan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga mengembangkan Wisata Tubing dan Taman Hutan Segawen agar dikenal masyarakat. Wisata Tubing atau River Tubing merupakan kegiatan meluncur bebas diatas permukaan sungai yang berarus ringan dengan menggunakan ban dalam mobil. Seperti layaknya rafting, peserta juga dilengkapi dengan helmet, pelampung keselamatan dan pelindung kaki. Layaknya Rafting, orang yang melakukan juga menggunakan helm, pelampung, rompi dan pelindung kaki.

 

Sedangkan wisata taman hutan yang ada di Ngrayudan merupakan kawasan hutan yang dibina dan dipelihara secara khusus guna kepentingan pariwisata dan wisata baru. Hutan ini memiliki keindahan alam yang mempunyai corak khas untuk dimanfaatkan bagi kepentingan rekreasi dan kebudayaan. SElain itu hutan wisata disini mempunyai manfaat untuk rekreasi dan wisata alam, sarana penelitian dan pengembangan, sarana pendidikan atau edukasi dan sarana kegiatan penunjang budaya. Dalam pengembangannya taman hutan segawen, dilengkapi dengan sarana bermain anak dan rumah pohon agar pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun selondo dan pemandangan alam dari atas rumah pohon.

Pada kesempatan ini Bupati Budi Sulistyono dalam sambutannya mengatakan bahwa kelompok masyarakat adalah yang paling tepat untuk mengembangkan dan menggali potensi wisata di daerahnya karena merasa yang memiliki. Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sangat diperlukan untuk mewujudkan tempat – tempat wisata seperti ini, menyadarkan tentang potensi wisata. Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga akan memperhatikan sarana dan prasarana yang ada termasuk akses jalan menuju lokasi wisata.

Setelah memberikan sambutan Bupati langsung membuka tempat wisata River Tubing di sungai cunthang dan Taman Hutan Segawen sekaligus digunakan sebagai tempat rekreasi umum ditandai secara simbolis dengan memakaikan alat kelengkapan River Tubing oleh Bupati dan Wakil Bupati kepada anggota Pokdarwis, Karang Taruna, LMDH, dan Tim Pengelola Segawen.

Acara dilanjurtkan dengan River Tubing di sungai cunthang oleh Bupati Budi Sulistyono dan Wakil Bupati Ony Anwar Harsono untuk melakukan perjalanan menyusuri sungai menggunakan ban karet atau river tubing. Dalam perjalanan menyusuri sungai Bupati dan Wakil Bupati melewati lintasan sungai yang arusnya tenang sampai lintasan sungai dengan arus sedang dan arus deras. Lintasan sungai yang berliku – liku dan halangan batu berhasil dilewati Bupati dan Wakil Bupati hingga sampai finish dengan lancar.(rsg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HKN Ke 53 Ajak Masyarakat Untuk Berprilaku Hidup Sehat Bagi Dirinya, Keluarga dan Lingkungan

Ngawi- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 dengan tema ‘’ Sehat ...